10 Rekomendasi Tanaman Indoor untuk di Tanam di Rumah

3 min read

Tanaman Hias Indoor Penjelasan.id

Bagi sebagian orang menjadikan bertanam adalah sesuatu kegiatan yang biasa dilakukan sebagai hobi. Mereka merasa menanam tanaman yang cantik dan indah bisa memberikan ketenangan dan mengurangi stres akibat aktivitas sehari – hari. Berbagai jenis tanaman yang menyehatkan
juga memberikan kesegaran banyak tersebar dan mudah untuk ditanam, sekalipun dirumah.

Banyak berbagai jenis tanaman yang memiliki manfaat baik bila ditanam di dalam rumah. Selain bisa mempercantik ruangan, bisa juga memberi kesegaran. Tanaman hias diklaim memiliki manfaat sebagai pembersih udara di dalam ruangan. Oleh karena itu, menanam tanaman di dalam rumah bisa jadi salah satu alternatif untuk mendapatkan udara segar. Berikut ini beberapa rekomendasi tanaman Indoor yang dapat ditanam dirumah. Simak selengkapnya dibawah ini, yaaa.

Jenis Tanaman Indoor Sebagai Hiasan Dalam Rumah

Tanaman indoor berikut ini sangat di rekomendasikan untuk menjadi hiasan di rumah Anda. Selain menjadi dekorasi, tanaman ini juga dapat membuat rumah Anda menjadi berkonsep lebih menyatu dengan alam.

Ficus Benjamina Sebagai Rekomendasi Tanaman Indoor

rekomendasi tanaman indoor penjelasan.id Ficus Benjamina
https://www.casaindonesia.com/lkgallery/teaser/ricardo-souza_45_20190326140717LsYdR3.jpg
Rekomendasi tanaman Indoor yang mudah ditanam dirumah pertama adalah Ficus Benjamina. Ficus Benjamina, di Indonesia, lebih popular degan nama Beringin. Beringin bisa menjadi alternatif tanaman Indoor yang kamu tanam dirumah. Perawatan untuk Beringin pun tidak terlalu sulit. Untuk perawatan Beringin hanya membutuhkan penyiraman setiap empat hingga tujuh hari sekali. Selain itu, Beringin bisa ditempatkan di ruang yang memiliki jendela dimana mendapat penerangan yang cukup. Namun harus dihindari agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal lain yang harus diperhatikan yaitu putar tanaman sesekali agar menghindari kelebihan pertumbuhan yang hanya di satu sisi.

Baca juga: Kegunaan pupuk amophos untuk tanaman dan kandungannya

Lucky Bamboo

Rekomendasi Tanaman indoor penjelasan.id lucky bamboo
https://cf.ltkcdn.net/feng-shui/images/orig/202932-2128×1409-luckybamboo.jpg
Rekomendasi tanaman Indoor yang mudah ditanam dirumah kedua yaitu Lucky Bamboo. Lucky Bamboo memberikan suasana asri dengan nuansa kehijauan yang ada di dalam ruangan. Secara umum, Lucky Bamboo adalah tanaman yang pertumbuhannya ideal untuk ditanam dan ditempatkan di dalam ruangan. Lucky Bamboo merupakan tanaman yang mampu tumbuh subur walau berada di dalam cahaya yang redup dan juga sinar matahari yang tidak langsung. Lucky Bamboo juga disebut sebagai tanaman dalam ruangan yang memiliki feng-shui.

Oleh karena itu, dengan merawat Lucky Bamboo, bisa menambah rasa feng-shui ke ruangan rumah. Apabila beruntung, Lucky Bamboo bisa tumbuh di air sehingga mengubah H2O setiap dua hingga empat minggu.

Baca juga: Kegunaan pupuk atonik untuk bunga Anggrek

Anggrek Bulan

anggrek bulan Rekomendasi Tanaman indoor penjelasan.id
https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/0x0:0x0/x/photo/2020/09/05/2457856583.jpg
Rekomendasi tanaman Indoor yang baik selanjutnya adalah Anggrek Bulan. Anggrek Bulan cocok untuk mereka yang baru menempati rumah itu pertama kali, atau ruangan yang baru direnovasi. Hal ini dikarenakan Anggrek Bulan bisa menetralisir ruangan serta membersihkan udara dari kandungan xilenia yang ada di dalam lem dan cat baru.

Kelebihan Anggrek Bulan selain sebagai penetralisir ruangan, Anggrek Bulan mengeluarkan oksigen pada malam hari, sehingga memberikan oksigen yang cukup untuk dihirup manusia pada malam hari.

Baca juga: Manfaat pupuk urea untuk tanaman bunga

Bunga Anthurium

Bunga Anthurium Rekomendasi Tanaman indoor penjelasan.id
https://i0.wp.com/pintasmedia.com/wp-content/uploads/2020/08/1596805451_199_7-Jenis-Anthurium-yang-Cocok-untuk-Dekorasi-Rumah-Eksotis-Banget.jpg?w=800&ssl=1
Selanjutnya adalah bunga Anhthurium. Anthurium pernah menjadi sangat populer dan harganya sangat mahal. Bunga Anthurium adalah tanaman hias Indoor yang sangat menarik. Ciri khas Anthurium adalah memiliki bentuk seperti bunga yang sedang mekar sehingga terlihat sangat eksotis.

Selain itu, Bunga Anthurium memiliki kecantikan dari segala arah. Tetapi, tidak hanya itu, Anthurium mempunyai daun yang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Daun Anthurium sangat efektif untuk menyedot ammonia, formaldehida, toluena, dan xilena. Kandungan – kandungan ini biasanya menempel di beberapa alat – alat elektronik seperti televisi, komputer, radio, dan lainnya. Oleh karena itu, dengan menanam tanaman Indoor bunga Anthurium, akan sangat baik untuk menghilangkan beberapa zat kimia yang tidak baik untuk kesehatan.

Baca juga: Manfaat pupuk mutiara untuk Bunga

Bunga Lavender

Bunga Lavender Rekomendasi Tanaman indoor penjelasan.id
https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2020/07/29/tanaman-hias-pengusir-nyamuk-8_169.jpeg?w=620
Bunga Lavender merupakan salah satu tanaman Indoor yang tidak biasa. Namun ternyata, tanaman Lavender yang ditanam di dalam gelas bisa memberikan sensasi berada di dalam suatu ruangan. Karena Lavender bisa menambahkan warna pop serta memberikan kesegaran dalam ruangan sehingga membuat ruangan menjadi lebih baik. Lavender memberikan kesegaran alami lebih banyak dibandingkan penyegar udara sehari – hari. Untuk perawatannya, tanam bunga Lavender di dekat jendela yang biasa mendapatkan intesitas cahaya matahari lebih banyak dibandingkan jendela lainnya.

Kemudian, pilihlah varietas bunga Lavender yang kecil, karena Lavender ukuran kecil akan tumbuh lebih baik di di dalam pot. Sehingga tidak akan memakan banyak tempat. Selain itu, bunga Lavender sendiri memiliki banyak keuntungan sebagai tanaman hias. Warna yang dimiliki Lavender, yaitu warna ungu kebiruan, memiliki daya tarik yang berbeda dari tanaman lainya.

Lavender merupakan bunga yang termasuk ke dalam famili Lamiaceae. Dengan tampilannya yang elegan, ternyata Lavender bisa membebaskan kita dari gangguan nyamuk. Hal ini dikarenakan Lavender memiliki aroma yang ampuh untuk mengusir nyamuk dan lalat. Dan tidak heran, banyak obat nyamuk yang menggunakan Lavender sebagai kandungan di dalamnya.

Baca juga: Cara menanam bunga Lavender di Indonesia

Peace Lily

rekomendasi tanaman hias Peace Lily indoor penjelasan.id
https://smartgardenguide.com/wp-content/uploads/2019/09/peace-lily-leaves-turning-yellow-4.jpg
Bunga Peace Lily yang memiliki nama latin spathiphyllum banyak menjadi pilihan sebagai salah satu tanaman Indoor. Secara umum, Peace Lily merupakan tanaman yang dapat bertahan dengan kondisi redup, atau cahaya yang minim. Dan bisa tumbuh di bawah suhu 27 derajat celcius.

Untuk perawatan Peace Lily juga tidak sulit. Tanaman ini membutuhkan penyiraman setidaknya seminggu sekali. Dan akan tumbuh lebih baik bila diletakkan dibawah lampu neon. Dan Peace Lily merupakan salah satu tanaman yang bisa diletakkan di kamar mandi atau di ruangan yang memiliki
cahaya minim.

Selain tanaman diatas, berikut rekomendasi tanaman Indoor lainnya:

  • Palem Kuning
  • Paddle Plant
  • Bunga Lidah Mertua
  • Bunga Lidah Buaya