5 Jenis Racun untuk Hama yang Paling Ampuh

1 min read

5 Jenis Racun Untuk Hama Yang Paling Ampuh Penjelasan.id

Salah satu permasalahan yang sering di temukan oleh para petani pada lahan pertaniannya adalah hama. Tanaman yang sudah dengan susah payah di tanam tiba-tiba di hinggapi hama yang sangat mengganggu pertumbuhan tanaman yang bisa menyebabkan terjadi kegagalan panen, bahkan tidak jarang tanaman tersebut berujung mati.

Demi mengatasi itu semua petani mulai mencari cara bagaimana supaya tanamannya bisa memberikan hasil panen yang optimal dan tumbuh dengan sehat. Saat ini ada banyak jenis racun hama  yang bisa digunakan dan baisa dipakai leh para petani untuk membasmi hama yang menyerang tanaman mereka. Untuk itu, kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai jenis racun hama yang biasa digunakan tersebut.

Daftar Pestisida Pembasmi Hama

1. Insektisida

intektisida pembasmi racun hama penjelasan.id
https://cf.shopee.co.id/file/f1dc8ba180295e00c933d808f6f7e93e

Salah satu jenis racun hama pertama yang akan kita bahas kali ini adalah insektisida. Ini merupakan jenis racun hama yang memiliki kandungan kimiawi dan sangat baik untuk mengatasi serangan serangga. Beberapa jenis serangga yang biasa menjadi musuh para petani budidaya tanaman misalnya saja kutu busuk, kecoak, rayap, semut, ulat, wereng maupun belalamg dan serangga lainnya bisa dibamsi dengan insektisida ini. Seperti halnya Cara Membasmi Hama Ulat Pada Tanaman Jeruk, bekerja sangat baik membasmi serangga perusak tanaman.

2. Herbisida

hebrisida racun hama penjelasan.id
https://cf.shopee.co.id/file/a5a78b08884fc2f73584f4d2785f536a

Jika kita membicarakan jenis racun hama yang akan bekerja untuk pencegahan dan membasmi segala jenis tanaman penganggu (gulma) maka herbisida adalah jawabannya. Seperti halnya Cara Membasmi Hama Ulat Bulu Pada Tanaman Paling Efektif, kita memerlukan obat ini agar bisa mengendalikan pertumbuhan gulma. Gulma akan menyerap dan mengalahkan fungsi akar tanaman untuk mengambil bahan makanan yang berasal dari zat hara tanah. Sehingga tanaman yang memiliki gulma di sekitarnya tidak akan tumbuh dengan baik dan akan menjadi sangat terganggu perkembangannya.

3. Nematisida

nematisida racun hama penjelasan.id
https://s0.bukalapak.com/img/09302278251/large/Insektisida_Hama_Serangga_MARSHAL_1_Kg.jpg

Seperti halnya Cara Membasmi Hama Ucrit dan Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan, pestisida yang satu ini akan mengatasi masalah cacing perusak tanaman. Cacing ini merupakan hama penganggu yang akan secara sengaja merusak bagian umbi serta akar tanaman yang sedang anda budidayakan.

4. Fungisida

fenosida racun hama penjelasan.id
https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/700/product-1/2018/10/12/37864996/37864996_2cb9c2c3-37f7-4f84-a2ed-ea225914bdc7_1026_1074.jpg

Seperti halnya Cara Memberantas Hama Tanaman Budidaya yang Ramah Lingkungan, ini juga merupakan peptisida kimiawi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan jamur perusak. Pertumbuhan jamur yang tidak dikendalikan akan membuat busuk batang, akar hingga buah pada tanaman budidaya.

5. Rodentisida: Racun Hama Untuk Hewan Pengerat

Rodentisida pembasmi racun hama tikus penjelasan.id
https://kresna.co.id/sarikresnakimia/wp-content/uploads/2014/11/Kovinplus1.png

Jenis racun hama terakhir yang akan kita bahas ini merupakan jenis peptisida kimiawi yang digunakan untuk bisa membasmi jenis-jenis binatang pengerat. Binatang ini misalnya saja tikus yang merusak budidaya padi di sawah.

Demikianlah penjabaran tentang jenis racun hama yang sering digunakan dan sangat berguna untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman budidaya. Semoga informasi ini bermanfaat.