Cara Merawat Bunga Matahari di Rumah yang Simple!

2 min read

Bunga Matahari penjelasan.id

Salah satu bunga yang banyak menarik perhatian pencinta tanaman yaitu bunga Matahari. Bunga Matahari merupakan salah satu bunga yang melambangkan kebahagiaan dan kesenangan. Bunga Matahari selalu terlihat indah dan elegan, oleh karena itu banyak penggemar bunga terpesona dengan bunga Matahari.

Bunga Matahari memiliki ukuran yang besar. Tampilan bunganya memiliki karakter yang berbeda dengan bunga yang lain. Dengan kelopak yang besar dan daun – daun hijau sedikit lebar mengelilinginya. Namun perlu diketahui, untuk menanam bunga Matahari tidaklah mudah. Apalagi bila
ingin menanamnya sebagai salah satu bunga cantik di pekarangan rumah.

Cara Merawat Bunga Matahari

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu coba untuk menanam bunga matahari di rumahmu dengan mudah.

1. Cara Merawat Bunga Matahari di Lahan Terbuka

Cara merawat bunga Matahari di rumah yang pertama yaitu dengan menanamnya di lahan terbuka. Hal ini dikarenakan di lahan terbuka, bunga Matahari akan tumbuh dengan baik bila terkena asupan sinar matahari yang cukup.

Secara alamiah, bunga Matahari adalah tipe bunga yang menyukai area yang memiliki suhu hangat. Oleh karena itu, untuk memastikan bunga Matahari tumbuh dengan baik, bunga ini harus mendapat asupan sinar matahari secara langsung. Bunga Matahari membutuhkan mataharinya untuk bisa tumbuh dengan baik.

Kemudian, bunga Matahari sering dianggap sebagai salah satu tanaman hias karena bentuknya yang cantik. Selain itu, penanaman bunga Matahari bisa dilakukan di pekarangan rumah. Namun, perlu diperhatikan lokasinya agar selalu bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Baca juga: Cara merawat bunga yang sudah dipetik agar tidak layu

2. Tanam di area yang tidak banyak terkena angin

Cara merawat bunga Matahari dirumah yang kedua yaitu pastikan area menanam bunga Matahari bukan area yang sering terkena angin. Hal ini dikarenakan, tanaman bunga Matahari merupakan jenis tanaman yang memiliki ‘tubuh’ yang panjang.

Oleh karena itu, bila bunga Matahari dibiarkan tumbuh dan berdiri tanpa sanggahan, kemudian terkena angin yang kencang, bukan tidak mungkin bunga Matahari akan cepat membuat batangnya patah.

Dan, untuk menghindari bunga Matahari terkena angin kencang, perlu tempat khusus, seperti wadah yang
diberi pagar. Hal ini bisa menangkal angin yang kencang bisa mengenai bunga Matahari.

Namun bila memang tidak ada wadah, setidaknya harus diberikan pagar di sekeliling bunga matahari agar bisa menangkal angin kencang mengenai bunga Matahari.

Baca juga: Manfaat pupuk npk untuk tanaman bunga

3. Jauhkan bunga Matahari dari Hama yang Merusak

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebagai salah satu cara merawat bunga Matahari dirumah yaitu dengan memastikan bunga Matahari bebas dari hama. Hal ini karena, bunga Matahari merupakan salah satu jenis bunga yang sangat digemari oleh hama. Salah satu hama yang sering merusak bunga ini adalah Kepik Hijau.

Kepik Hijau biasa menyerang biji bunga Matahari. Selain itu, hama lain yang sering menyerang bunga Matahari yaitu hama wereng. Wereng sangat sering menyerang bagian daun dari bunga ini. Namun, tidak hanya itu, hama jenis ini juga terkadang menyerang bunganya. Dan hama
lain seperti Ulat Bulu dan Belalang. Keduanya menyerang bagian daun dari bunga Matahari.

Biji bunga Matahari adalah salah satu yang bisa dijadikan bisnis menguntungkan. Namun, walaupun bukan pembisnis atau pembudidaya, hama yang menyerang bunga Matahari harus diperhatikan dan dibereskan. Oleh karena itu, bunga Matahari sangat perlu untuk disemprot dengan cairan anti hama.

Baca juga: bunga yang cocok ditanam di teras rumah

cara merawat bunga matahari penjelasan.id
https://rimbakita.com/wp-content/uploads/2020/05/tanaman-bunga-matahari.jpg

4. Memilih area penanaman bunga Matahari dengan memperhatikan tingkat pH

Selanjutnya yaitu pemilihan area penanaman bunga Matahari. Tingkat pH yang dibutuhkan masing – masing tanaman berbeda – beda. Oleh karena itu harus disesuaikan dengan area penanaman agar bunga Matahari tumbuh dengan baik.

Kemudian, selain kebutuhan masing – masing tanaman berbeda, tingkat pH dan keasaman setiap tanah pun berbeda – beda. Dan, untuk kategori bunga Matahari, membutuhkan tingkat keasaman yang sedikit, yaitu sekitar 6-7,5 tingkat pH.

Namun, bila tidak bisa memastikan tingkat pH dan asam, bunga Matahari pada dasarnya bisa tumbuh di mana saja. Tetapi akan tumbuh lebih baik bila di tanam dalam tanah dengan tingkat pH sekitar 6-7,5.

Baca juga; bunga yang cocok ditanam saat musim hujan

5. Siram tanaman dan pemberian pupuk secara rutin

Cara merawat bunga Matahari dirumah selanjutnya yaitu rutin menyiram bunga dan juga diberi pupuk. Untuk menikmati hasil keindahan dari tanaman bunga Matahari yang tumbuh dengan baik, memang perlu perhatian khusus.

Seperti halnya memelihara hewan seperti kucing dan anjing yang membutuhkan perhatian, bunga Matahari pun membutuhkan perawatan yang detail. Perawatan tidak perlu repot, hanya perlu rutin memberikan pupuk yang merupakan makanan sehari – hari dari bunga Matahari. Dan jangan lupa juga untuk memilih pupuk yang cocok untuk bunga Matahari, agar bunga tersebut bisa tumbuh dengan baik dan mempesona.

Baca juga: Manfaat pupuk urea untuk tanaman bunga

6. Memperhatikan jarak masing – masing tanaman bunga Matahari

Selanjutnya adalah memperhatikan jarak menanam bunga. Bunga Matahari membutuhkan tempat yang nyaman, luas, dan membuat mereka tidak harus ‘berebutan’ saat di beri pupuk. Bila jarak bunga Matahari yang ditanam terlalu dekat membuat bunga ini tidak dapat leluasa bergerak. Dan itu menghambat bunga ini untuk tumbuh.

Bunga Matahari saat bertumbuh akan menjadi bunga yang memiliki ukuran besar. Sehingga membutuhkan
ruang cukup untuk bertumbuh secara maksimal dan tidak berhimpit satu sama lain.